Rabu, 06 April 2016

Pemanfaatan Sensor Gyro pada smartphone untuk teknologi VR Cardboard

Assalamualaikum
hey hoo~
Kali ini saya akan update materi tentang penggunaan sensor Gyro untuk teknologi VR pada smartphone.
Sebenernya sih ini berita udah agak basi tapi gapapalah bagi temen-temen yang belum pada tau apa itu Sensor gyro, apa itu Teknologi VR, let's cekidoooott....

Penggunaan teknologi VR

Sebelumnya, saya jelasin dulu nih, apa itu sensor gyro atau gyroscope...



Pengertian dari gyroscope

Sebagai pengenalan,gyroscope adalah berupa sensor gyro untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu.Jadi bagaimana dengan Giro sensor? Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pennguna. Kita bisa membayangkan sebuah game pertempuran, sebelum ini bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kita cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata.
Gambar 1.1  Prinsip kerja sensor Gyroscope

 

Sedangkan Prinsip kerja Gyroscope yaituu....

Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna. Gyroscope sensor  ini digunakan untuk mengukur sumbu rotasi. Gyroscope memiliki keluaran berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yaitu: sumbu x yang nantinya akan menjadi sudut phi (kanan dan kiri) dari sumbu y nantinya menjadi sudut theta (atas dan bawah), dan sumbu z nantinya menjadi sudut psi (depan dan belakang)



Gambar 1.2 Cardboard Headset
Nahh, sekarang kita masuk ke pembahasan utama, yakni teknologi VR pada smartphone. Yup, dengan teknologi VR, kini kita dapat menikmati bermacam-macam konten digital seperti untuk bermain game untuk merasakan sensasi "Real Time", jadi seolah-olah kita akan masuk berada dalam dunia game tersebut.  Atau bisa juga untuk menonton film secara 3D atau merasakan "Jalan-jalan" ke berbagai penjuru dunia dengan menggunakan aplikasi Street View.
Teknologi VR  ini bisa dinikmati dengan bermodalkan alat yang bernama Cardboard dan tentunya smartphone yang sudah ditanamkan sensor Gyro, sensor Accelerometer dan sensor Magnetik sebagai mesin "VR"nya (untuk Sensor accelerometer dan magnetik akan saya buatkan artikelnya kedepan).
 
Prinsip kerja dari Cardboard sendiri cukup sederhana. Menggunakan dua buah lensa  cembung dan sebuah magnet untuk pengontrolnya, maka sebuah headset VR murah meriah sudah bisa digunakan pada smartphone yang mendukung ketiga sensor tersebut.
Gambar 1.3  Pemasangan smartphone pada Cardboard
 
Cara penggunaanya pun cukup mudah, yakni cukup pasangkan smartphone yang akan digunakan sebagai mesin "VR", buka aplikasi yang mendukung Cardboard VR ini, lalu tutup kembali cardboardnya, daaaan voilaaa.. 
 

WELCOME TO THE VR              WORLD GUYS :-D

Untuk smartpone berbasis android, saya akan bagikan link untuk mendownload beberapa aplikasi yang mendukung VR, tinggal klik Disini
 
Dan sebagai contoh, disini akan saya bagikan video dengan format 3D yang saya kutip dari demo LG 3D TV. Jangan lupa, untuk menonton video ini gunakan Headset cardboard dan tentunya smartphone yang support, langsung aja cekidooott..
 
WARNING !!! BANDWITH AND QUOTA KILLER !! TONTON DENGAN KONEKSI WIFI YANG KENCANG !!!
 
               Oke cukup sekian update materi kali ini, jadi dengan pembahasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa teknologi VR ini akan menjadi cikal bakal untuk kemajuan teknologi digital. Dengan adanya teknologi VR ini, kita tidak hanya dapat menikmati konten digital hanya melalui layar secara konvensional saja,  tetapi kita dapat merasakan langsung "sensasi" berada dalam konten digital tersebut, atau dapat juga digunakan untuk menonton video/film berbasis 3D dengan sensasi "nyata".
  
Semoga bermanfaat 
 
Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar